Website SMPK St. Agnes Surabaya
Login
No Induk
Password
 
Home

Menu
Profil Yayasan
  Pendiri Kongregasi
  Sejarah Yayasan
  Pelindung Yayasan
  Visi Misi Yayasan

Profil Sekolah
  Sejarah Sekolah
  Denah Sekolah
  Visi Misi Sekolah
  Logo St Agnes
  Hymne dan Mars
  Guru dan Karyawan

Fasilitas Sekolah
  Laboratorium Fisika
  Laboratorium Biologi
  Laboratorium Bahasa
  Laboratorium Komputer
  Bimbingan Konseling
  Kapel
  Perpustakaan
  Kantin
  Sport Hall

Kegiatan Intra Sekolah
  Kalender Pendidikan
  Bahasa
  Science
  Seni
  Teknologi dan Informasi
  Robotic Club
Sumber Belajar

SMPK St. Agnes Surabaya

SEJARAH YAYASAN FREINADEMETZ

Tahun 1923 para romo-romo Kongregrasi Misionaris dari propinsi Belanda datang melakukan karya misi ke Indonesia menggantikan para pendahulunya yaitu para romo Jesuit sebagai pengembang misi suci di vikariat Surabaya dan sekitarnya. Mereka adalah Romo Theophilus de Backere, Romo Emile Sarneel, Romo Johannes Wolters, Romo Theodorus Heuvelmans dan Romo Cornelius Klamer. Momen ini menjadi jalan awal kehadiran dan pengabdian suster-suster S.Sp.S. di Indonesia.

Dengan perantaraan Romo Theophilus de Backere CM dikirimlah 7 suster SSpS ke Surabaya. Pada awalnya kedatangan suster-suster S.Sp.S. tersebut adalah untuk pelayanan perawatan di Rumah Sakit yang akan didirikan di Surabaya. Ditengah perjalanan berkarya di RKZ dikembangkan juga karya di Blitar dibidang pendidikan.

Pada waktu itu di Paroki St. Joseph di Blitar terdapat 7 orang indonesia yg beragama katolik kesemuanya berasal dari Jawa Tengah sedangkan umat katolik lainnya adalah bangsa Belanda. Karya para suster nampaknya terus berkembang, maka tahun 1926 mulai dirintis pembukaan biara di sana dan dikenal dengan nama Biara Roh Kudus.

Dan atas kebutuhan sebuah lembaga untuk mewadahi karya-karya pendidikan di Blitar maka pada 5 Mei 1927 suster-suster S.Sp.S. mendirikan Joseph Stichting atau Yayasan Joseph yang akta aslinya ditanda tangani oleh Sr. Felicina Agatha Galland dan Sr. Aldegonda Hubertine Everts.

sgm..